Sabtu, 19 Januari 2013

Jenis-jenis Cucakrawa

cucakrawa medanBurung cucakrawa merupakan burung yang berasal dari suku merbah yang biasanya sering diikutkan ke acara lomba burung.
Jenis burung ini memiliki suara yang khas yang membuat burung ini mendapatkan perhatian khusus dari para pecinta burung.
Burung cucakrawa sendiri memiliki banyak jenis yang sebagian besar merupakan burung primadona di Indonesia.
Berikut ini adalah jenis burung cucakrawa menurut daerah asalnya yaitu :


1. Cucak Rawa Medan
Jika dibandingkan dengan jenis cucakrawa lain yang ada di Indonesia, cucakrawa asal Medan merupakan jenis cucak rawa yang memiliki kelas terbaik.
Hal ini karena cucakrawa Medan memiliki ukuran tubuh yang relatif besar, memiliki gerakan yang lincah serta suara yang merdu dan nyaring.
Untuk mendapatkan burung cucakrawa asal Medan ini tergolong sangat sulit pada saat ini karena populasi dari salah satu jenis cucakrawa ini sudah sangat langka.
Medan dikenal memiliki hutan rawa-rawa yang luas dengan pantai yang tidak terlalu jauh dari wilayah ini sehingga udara di tempat ini relatif panas.

a. Ciri-ciri
Memiliki ukuran tubuh yang relatif  besar sehingga jika dipegang terasa agak keras dan padat. Meskipun baru ditangkap dari alam bebas, warna bulu dari cucakrawa Medan terlihat mirip seperti burung yang sudah dipelihara sejak lama, yaitu terlihat bersih dengan warna hijau keabu-abuan agak kecoklatan.

b. Kualitas suara
Cucakrawa asal Medan rata-rata memiliki suara kicauan yang baik, bervariasi dan memiliki volume suara yang cukup besar.
Namun cucakrawa asal Medan ini memiliki kelemahan yaitu memiliki jeritan atau lengkingan suara yang kurang sehingga suaranya terdengar kurang tebal dan terkesan berat.
Jika diamati dengan baik suara kicauan cucakrawa asal Medan  cenderung mengambang. Selain itu burung ini kurang bisa membawakan kicauan secara cepat.

2. Cucak Rawa Aceh
cucakrawa acehMasyarakat masih sering merasa terkecoh dan tidak bisa membedakan Cucak Rawa asal Aceh dengan Cucak Rawa asal Medan karena keduanya memang memiliki ciri-ciri yang hampir sama.
Meski demikian seorang penggemar burung yang sudah senior biasanya bisa melihat perbedaan antara Cucak Rawa asal Aceh dan Cucak Rawa asal Medan.

a. Ciri-Ciri
Cucak Rawa asal Aceh memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan Cucak Rawa Medan namun yang membedakannya hanyalah pada bulunya, yaitu  memiliki warna hijau yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan Cucak Rawa asal medan.

b. Kualitas suara
Selain memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama, Cucak Rawa asal Aceh juga memiliki kualitas suara yang hampir sama dengan Cucak Rawa asal Medan.
Hal ini tidak mengherankan karena jarak antara Aceh dan daerah Langkat hanya dipisahkan oleh sungai Besitang.

3. Cucak Rawa Lampung
cucakrawa lampungKondisi alam daerah Lampung didominasi dengan bukit serta hutan-hutan yang sebagian besar dipenuhi oleh pohon-pohon yang tinggi dan besar.
Hutan yang ada di Lampung termasuk hutan terbuka dalam bentangan yang luas. Meskipun termasuk daerah dataran tinggi, namun daerah Lampung masih termasuk memiliki udara yang cukup panas.

a. Ciri-ciri
Burung Cucak Rawa yang berasal dari Lampung ini memiliki warna bulu yang hampir sama dengan Cucak Rawa Medan, hanya saja memiliki ukuran badan yang agak berbeda.
Meskipun Cucak Rawa asal lampung memiliki ukuran badan yang hampir sama dengan Cucak Rawa Medan, namun Cucak Rawa asal Lampung memiliki badan yang agak pendek.
Meski demikian jika dibandingkan dengan Cucak Rawa asal Medan, Cucak Rawa asal Lampung memiliki fisik yang lebih kekar, tulang sayap yang lebih kokoh dan berdada bidang.

b. Kualitas suara
Meskipun suara kicauan Cucak rawa asal Lampung tidak sekeras asal medan, namun memiliki suara kicauan yang lebih tajam dan agak bervariasi.
Namun Cucak Rawa asal lampung mampu membawakan nyanyiannya dalam speed yang cepat dan baik.

4. Cucak Rawa Sumsel, Jambi dan Riaucucakrawa jambi
Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi dan Riau termasuk daerah yang didominasi oleh hutan yang lebat dan rawa-rawa yang cukup luas.

a. Ciri-ciri
Cucak Rawa dari daerah ini hampir sama seperti Cucak Rawa asal Lampung, hanya saja memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari bagian dadanya yang kurang bidang.

b. Kualitas suara
Kualitas suara dari Cucak Rawa dari daerah ini hampir sama dengan Cucak Rawa asal Lampung hanya saja memiliki volume yang sedikit lebih kecil.

5. Cucak Rawa Kalimantan
Pada saat ini Cucak Rawa Kalimantan merupakan jenis Cucak Rawa yang paling sering terlihat di pasaran.
cucakrawa kalimantan
a. Ciri-ciri
Jika dibandingkan dengan Cucak Rawa asal Sumatra, Cucak Rawa asal Kalimantan terlihat memiliki warna hijau yang agak pudar.
Selain itu ukuran badan dari Cucak Rawa Kalimantan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan Cucak Rawa Sumatra.

b. Kualitas Suara
Kualitas suara dari Cucak Rawa asal Kalimantan terdengar kurang baik jika dibandingkan dengan kualitas suara  Cucak Rawa asal Sumatera dimana biasanya tempo kicauannya kurang keras, sedikit lambat dan kurang tebal.
Sebagian besar dari para penggemar Cucak Rawa menyatakan bahwa Cucak Rawa Kalimantan memiliki suara yang tipis dan kurang tajam.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar